Anohana : Anime tentang pelajaran move on dari trauma

by beritaqu
0 comment

Anohana adalah anime yang dirilis pada tahun 2011 oleh studio A-1 Pictures. Dikenal juga dengan judul lengkapnya, “Anohana: The Flower We Saw That Day”, anime ini mengisahkan tentang persahabatan yang terjalin kembali di antara sekelompok teman masa kecil yang terpisah karena sebuah kejadian tragis. Dikemas dengan cerita yang emosional dan penuh haru, Anohana berhasil menyentuh hati banyak penontonnya.

Plot Cerita

Cerita Anohana dimulai dengan Jintan yang hidup dalam kesendirian setelah kematian Menma. Suatu hari, Menma muncul di depan Jintan sebagai hantu dan meminta bantuannya untuk memenuhi satu keinginannya agar dapat berpindah ke alam baka. Keinginan Menma adalah untuk mengumpulkan kembali kelompok teman masa kecil mereka yang terpisah setelah kejadian traumatis di masa lalu.

Jintan awalnya tidak yakin apakah Menma benar-benar ada atau hanya imajinasi. Namun, dengan bantuan teman-temannya, mereka akhirnya percaya pada keberadaan Menma. Setiap karakter memiliki konflik internal dan perasaan yang rumit terkait dengan kematian Menma dan masa lalu mereka.

Selama cerita berlangsung, kelompok ini harus menghadapi berbagai masalah dan mengatasi perasaan mereka yang terpendam. Mereka menghadapi konflik emosional, saling menyembunyikan perasaan, dan menghadapi rasa bersalah yang mereka rasakan. Namun, dengan bantuan satu sama lain, mereka mulai memperbaiki hubungan mereka dan mengungkap rahasia-rahasia yang tersembunyi.

Plot cerita ini mencapai puncaknya ketika kelompok ini akhirnya dapat mengungkapkan perasaan mereka yang terpendam dan menerima kenyataan tentang kematian Menma. Mereka belajar untuk memaafkan diri sendiri dan satu sama lain, serta menerima kehilangan yang mereka alami.

Karakter Utama

1. Jinta Yadomi (Jintan)

Jinta adalah karakter utama dalam anime Anohana. Dia adalah seorang remaja yang hidupnya berubah setelah kematian teman masa kecilnya, Meiko “Menma” Honma. Jinta adalah karakter yang tertutup dan cenderung menyendiri. Dia merasa bersalah karena tidak bisa menyelamatkan Menma saat kecelakaan yang menyebabkan kematiannya. Namun, dengan bantuan Menma yang muncul sebagai hantu, Jinta berusaha memenuhi permintaan terakhir Menma untuk membantunya berpindah ke alam lain.

2. Meiko Honma (Menma)

Menma, yang memiliki nama asli Meiko Honma, adalah karakter utama dalam cerita Anohana. Dia adalah seorang gadis yang meninggal dunia pada usia yang sangat muda. Meskipun begitu, pengaruhnya dalam kehidupan teman-temannya masih terasa kuat bahkan setelah bertahun-tahun berlalu.

Menma digambarkan sebagai sosok yang ceria, polos, dan penuh semangat. Dia memiliki rambut panjang berwarna putih dan sering mengenakan pakaian putih dengan pita merah di kepala. Penampilannya yang imut dan polos membuatnya menjadi karakter yang disukai oleh banyak penonton.

3. Naruko Anjou (Anaru)

Anaru adalah teman masa kecil Jinta dan Menma. Dia adalah seorang gadis yang cerdas dan cantik, tetapi juga memiliki kompleks inferioritas. Anaru merasa cemburu pada Menma karena Menma selalu menjadi pusat perhatian. Namun, seiring berjalannya cerita, Anaru belajar untuk menerima dirinya sendiri dan menemukan kekuatan dalam persahabatan.

4. Tetsudou Hisakawa (Poppo)

Poppo adalah teman masa kecil Jinta, Menma, dan Anaru. Dia adalah karakter yang ceria dan ceroboh. Poppo adalah orang yang selalu berusaha membuat suasana menjadi lebih cerah meskipun dia sendiri memiliki masa lalu yang sulit. Dia adalah karakter yang setia dan selalu mendukung teman-temannya.

5. Atsumu Matsuyuki (Yukiatsu)

Yukiatsu adalah salah satu teman masa kecil Jinta, Menma, Anaru, dan Poppo. Dia adalah karakter yang kompleks dan misterius. Yukiatsu terobsesi dengan Menma dan sering kali bertindak aneh. Dia memiliki sifat yang sulit dipahami dan sering kali bertindak dengan cara yang tidak dapat diprediksi. Namun, seiring berjalannya cerita, kita dapat melihat sisi emosional dari Yukiatsu yang membuatnya menjadi karakter yang lebih kompleks.

6. Chiriko Tsurumi (Tsuruko)

Tsuruko adalah teman masa kecil Jinta, Menma, Anaru, Poppo, dan Yukiatsu. Dia adalah karakter yang pendiam dan serius. Tsuruko memiliki perasaan terhadap Yukiatsu, tetapi dia tidak pernah mengungkapkannya secara langsung. Dia adalah karakter yang kuat dan setia pada teman-temannya, meskipun dia sering kali terlihat dingin dan tidak bersemangat.

Pesan dan Makna

Anohana mengandung banyak pesan dan makna yang dapat diambil. Salah satunya adalah pentingnya persahabatan dan dukungan antara teman-teman. Cerita ini mengajarkan kita untuk tidak menyembunyikan perasaan kita dan berkomunikasi dengan jujur. Juga, Anohana mengingatkan kita tentang pentingnya memaafkan dan menerima kenyataan, serta belajar untuk melanjutkan kehidupan meskipun ada rasa sakit dan kehilangan.

Kesimpulan

Anohana adalah anime yang mengharukan dan menyentuh hati banyak penontonnya. Dengan cerita yang emosional dan karakter-karakter yang kompleks, anime ini berhasil menggambarkan perjalanan persahabatan yang penuh dengan liku-liku. Anohana mengajarkan kita tentang pentingnya mengungkapkan perasaan, memaafkan diri sendiri, dan memperjuangkan persahabatan sejati. Jika Anda mencari anime yang dapat menguras air mata dan meninggalkan kesan mendalam, Anohana adalah pilihan yang sempurna.

You may also like

Leave a Comment

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00